Image default
Internasional

Viral Acara Lamaran Sebelahan dengan Acara Takziah, Netizen Sempat Marah tapi Endingnya Beri Pujian

Dalam kehidupan sosial, yang paling utama adalah menjunjung tinggi adab toleransi. Namun, tidak semua hal tersebut berjalan seperti yang diinginkan. Salah satu cerita yang viral terjadi di Malaysia.

Saat seorang warga tak sengaja menggelar acara lamaran di samping rumah warga lainnya yang meninggal dunia. Hal itu bermula dari cuitan seorang warganet di Twitter. Akun @Shukri_Amre pada 1 September 2019 lalu memposting foto suasana dua acara yang begitu kontras.

Foto pertama memperlihatkan suasana meriah acara lamaran atau majlis pertunangan dalam bahasa Malaysia. Foto kedua memperlihatkan suasana sejumlah orang sedang mempersiapkan jenazah. Shukri pun menyematkan caption atas fotonya itu.

"Sebelah acara lamaran, sebelah orang meninggal dunia. Waktunya sama tetapi situasi dan emosi yang berbeda, ” cuit Azman, nama pemilik akun. Tak disangka tweet tersebut sudah dibagikan lebih dari 22.000 kali hingga berita ini diturunkan. Sejumlah warganet pun melontarkan kritikannya.

Mereka mempertanyakan mengapa acara lamaran tetap berjalan padahal ada acara duka cita di sebelahnya. Melihat situasi yang mulai tak kondusif, Azman pun menjelaskan kejadian sebenarnya tersebut kepada mStar, Kamis (5/9/2019). Azman menyebut insiden itu terjadi di daerah perumahan pamannya di Johor Bahru, minggu lalu.

Ia mengatakan jika pamannya lah yang menggelar hajatan lamaran untuk putranya atau sepupu Azman. Lebih lanjut, Azman mengungkap keluarga sudah mempersiapkan acara lamaran dari jauh jauh hari. Tetapi saat acara lamaran hendak selesai, tiba tiba datang petugas kesehatan di rumah sebelah paman Azman.

“Ketika kami sedang makan untuk menutup acara, dua tenaga medis dari rumah sakit datang ke rumah tetangga. Kami sempat bertanya tanya, tetapi tampaknya mereka datang untuk mengabarkan kematian seorang tetangga. "Jadi, paman saya pergi ke rumah sebelah dan mengetahui bahwa tetangganya telah meninggal. Paman saya segera bersiap siap untuk pemakaman tetangga," ucap Azman. Ia juga menyebut jika dalam foto itu, sebenarnya acara lamaran sudah hampir selesai.

Sedangkan upacara takziah baru akan dimulai. Azman lantas menyebut jika pamannya adalah anggota aktif jemaah masjid di tempat tinggalnya. “Paman saya adalah orang yang baik dan bertanggung jawab. Dia rela tinggalkan acara lamaran anaknya yang belum selesai demi pemakaman," terang Azman.

Azman melanjutkan, prosesi lamaran itu hanya berlangsung satu jam. Ia menyebut jika pamannya ikut mengurus membantu prosesi pemakaman tetangga. Karena diketahui almarhum semasa hidup menyewa rumah di tempat itu.

Mengetahui cerita ini sejumlah warganet pun berbalik memuji keluarga Azman. Beberapa juga meminta agar warganet tak gampang menghakimi tanpa tahu fakta sebenarnya. "Bersabar … kematian tidak direncanakan … upacara pertunangan sudah lama direncanakan. Jadi lanjutkan saja acara itu. Hanya saja, tidak perlu ada hiburan. Hormatilah orang yang sedang kesusahan,” komentar seorang warganet.

“Dua duanya rahasia Allah… perbedaannya adalah mana yang akan kita jumpai dulu… jodoh atau ajal,” tulis seorang warganet lainnya. Bagimana menurutmu?

Berita Terkait

Viral! Buku Terbitan Tahun 1981 Sudah ‘Memprediksi’ Virus Corona Akan Muncul di Wuhan Tahun 2020

Maya Rosfi'ah

Pejabat Korut Dikabarkan Usulkan Kesepatan Penyelundupan Kerang menuju Perusahaan Perdagangan Jepang

Maya Rosfi'ah

Trump Sebut Insiden Polisi Dorong Kakek 75 Tahun sebagai Rekayasa

Maya Rosfi'ah

Dubes Inggris Ini Berkilah Terlibat Demo di Teheran Sempat Ditangkap Polisi Iran

Maya Rosfi'ah

Penyanyi H.E.R Jadikan Ular Sebagai Aksesoris Saat Tampil di Red Carpet MTV VMA

Maya Rosfi'ah

Kisah Pilu Anak Ditemukan Tergolek di Samping Jasad Ayahandanya, Berawal dari Penculikan Dramatis

Maya Rosfi'ah

Meghan Markle Larang Pangeran Harry Kembali menuju Inggris Jenguk Sang Ayah yang Positif Covid-19

Maya Rosfi'ah

Foto Putri Donald Trump Ngobrol dengan Jokowi di KTT G20 Osaka Viral, Ini 4 Fakta Sosok Ivanka Trump

Maya Rosfi'ah

Alami ‘Mata Malas’, Bocah Usia 4 tahun Harus Jalani Operasi Mata Karena Kecanduan Gadget

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment