Image default
Corona

Wamendes PDTT Nilai Kebijakan Larangan Mudik Bantu Cegah Penularan Covid-19 di Desa

Wamendes PDTT Budi Arie menilai kebijakan pemerintah yang melarang mudik saat lebaran tahun ini berdampak pada pencegahan penularan virus corona atau Covid 19 di desa. Budi pun memaparkan perbandingan pemudik pada tahun ini dan tahun lalu sebelum pandemi melanda tanah air. Bahkan, saat Budi melakukan sidak pada hari lebaran, jalan tol tidak terlihat macet.

"Tidak ada mobil dari Jakarta ke arah Jawa, ya berarti efektivitas larangan mudik ini cukuplah," lanjutnya. Budi juga melakukan simulasi soal jumlah mudik tahun ini, yang dibagi dengan jumlah desa di Pulau Jawa sebesar 20 ribu. "Dari simulasi kita, itu cuma 20 persen yang melakukan mudik di Idul Fitri. angkanya dari mana 4 juta itu, 3,6 juta yang di PHK plus 400 ribu yang rembesan atau nyolong nyolong itu," katanya.

Kepada para pemudik, dia sempat berpesan agar pulang setelah 10 hari. Di saat itu juga, sebaiknya dites rapid maupun swab. "Kalau bersamaan kan potensi penularan luar biasa. Nah, dari situ kita bisa melihat efektivitas kebijakan pelarangan mudik ini sangat membantu kita," katanya.

"Kalau angka seperti itu (4 juta pemudik) desa masih sanggup (mencegah penularan Covid 19), tapi kalau 20 juta arus mudik seperti 2019, tidak akan akan sanggup desa, pasti penularan Covid 19 itu, artinya kan kita hitung 1.000 orang per desa kedatangan pemudik," pungkasnya.

Berita Terkait

Dokter Reisa Aktif Bagi Info Covid-19 di Medsos Sebelum Jadi Tim Komunikasi Gugus Tugas

Maya Rosfi'ah

Pernyataan Pak Jokowi Berbahaya Wasekjen Demokrat

Maya Rosfi'ah

Stok APD Bagi Tenaga Medis Tangani Pasien Corona di RSUP Persahabatan Masih Cukup

Maya Rosfi'ah

RSHS Rawat 7 Orang Positif Corona Satu Lagi Pasien Covid-19 di Jabar Meninggal

Maya Rosfi'ah

Buruh Ingatkan Kewajiban Pengusaha Membayar THR

Maya Rosfi'ah

Dua Pimpinan DPR RI Kenakan Masker Rapat Paripurna

Maya Rosfi'ah

KPK Terima Kemendikbud Beri Masukan Gaduhnya POP

Maya Rosfi'ah

Saat Ini 29 Pasien Positif Covid-19 Masih Jalani Perawatan di Rumah Sakit Pulau Galang

Maya Rosfi'ah

Hingga Senin RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Rawat 524 Pasien

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment