Image default
Nasional

Warga Diminta Atur Waktu Perjalanan Puncak Arus Balik Diprediksi 2 Agustus 2020

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Inspektur Jenderal Istiono, meminta para pemudik mengatur dan menyesuaikan waktu perjalanan Menurut dia, upaya itu dilakukan untuk menghindari kemacetan arus lalu lintas pada saat arus balik menuju ke DKI Jakarta, pada libur Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah yang diprediksi puncak kepadatan arus lalu lintas pada Minggu 2 Agustus 2020. "Kami khawatir kalau para pemudik tidak bisa menyesuaikan kondisi di lapangan, kemacetan tidak bisa dihindarkan. Untuk itu, pulang balik lebih awal akan lebih baik. Dan perjalanan akan lebih nyaman," ujarnya, Sabtu (1/8/2020).

Dia menjelaskan, arus mudik balik pada libur Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Sebab, pada saat ini masih dalam masa pandemi coronavirus disease 2019 (COVID 19), sehingga masyarakat wajib mematuhi protokol kesehatan dan memperhatikan imunitas tubuh. Dia mengimbau para pemudik apabila merasakan kelelahan dan kecapekan di jalan untuk segera istirahat di rest area. Rest area akan dimaksimalkan. Namun, jika rest area sudah dipenuhi pemudik, maka akan diberlakukan sistem buka tutup setiap 2 jam.

Selain itu, juga perlu dilakukan patroli secara terus menerus agar tidak ada kendaraan yang berhenti di bahu jalan tol. Untuk itu, diharapkan kesiapsiagaan penuh jajaran untuk antisipasi arus balik ini. "Jangan memaksakan diri untuk terus jalan. Keselamatan adalah hal yang utama," ujarnya. Untuk diketahui, jumlah kendaraan yang melintasi Tol Cipali pada Idul Adha 2020 ini meningkat dibanding tahun lalu. Peningkatan diperkirakan mencapai 40 persen.

Berita Terkait

Nama Sestama BNPB Dicatut Waspada Penipuan Berkedok Donasi Penanganan Corona

Maya Rosfi'ah

Sejarah Permainan Tradisional Perahu Jong Belajar dari Rumah TVRI Kelas 4-6 SD Hari Ini

Maya Rosfi'ah

Pesawat & Seluruh Personel TNI yang Angkut Alkes dari Shanghai Didisinfektan di Natuna

Maya Rosfi'ah

Polisi Sita Ponsel Hingga Kacamata Perempuan Perekam Video Ancaman Penggal Jokowi

Maya Rosfi'ah

PKS Minta Pemerintah Sampaikan Protes Kepada PBB Soal Serangan Israel menuju Gaza

Maya Rosfi'ah

Tri Rismaharini Marah Besar Tahu Mobil Bantuan BNPB Dialihkan menuju Kota Lain di Jawa Timur

Maya Rosfi'ah

NTB Jawa Timur Jawa Tengah Daftar UMK di 6 Provinsi Besar DKI Jakarta Mana yang Paling Besar

Maya Rosfi'ah

12 Wilayah Potensi Hujan Lebat & Angin Kencang Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Kamis 23 Juli

Maya Rosfi'ah

Polri Ungkap Kronologi Bentrok Antar Warga Desa di Buton Sulawesi Tenggara

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment