Image default
Nasional

Warga Diminta Atur Waktu Perjalanan Puncak Arus Balik Diprediksi 2 Agustus 2020

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Inspektur Jenderal Istiono, meminta para pemudik mengatur dan menyesuaikan waktu perjalanan Menurut dia, upaya itu dilakukan untuk menghindari kemacetan arus lalu lintas pada saat arus balik menuju ke DKI Jakarta, pada libur Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah yang diprediksi puncak kepadatan arus lalu lintas pada Minggu 2 Agustus 2020. "Kami khawatir kalau para pemudik tidak bisa menyesuaikan kondisi di lapangan, kemacetan tidak bisa dihindarkan. Untuk itu, pulang balik lebih awal akan lebih baik. Dan perjalanan akan lebih nyaman," ujarnya, Sabtu (1/8/2020).

Dia menjelaskan, arus mudik balik pada libur Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Sebab, pada saat ini masih dalam masa pandemi coronavirus disease 2019 (COVID 19), sehingga masyarakat wajib mematuhi protokol kesehatan dan memperhatikan imunitas tubuh. Dia mengimbau para pemudik apabila merasakan kelelahan dan kecapekan di jalan untuk segera istirahat di rest area. Rest area akan dimaksimalkan. Namun, jika rest area sudah dipenuhi pemudik, maka akan diberlakukan sistem buka tutup setiap 2 jam.

Selain itu, juga perlu dilakukan patroli secara terus menerus agar tidak ada kendaraan yang berhenti di bahu jalan tol. Untuk itu, diharapkan kesiapsiagaan penuh jajaran untuk antisipasi arus balik ini. "Jangan memaksakan diri untuk terus jalan. Keselamatan adalah hal yang utama," ujarnya. Untuk diketahui, jumlah kendaraan yang melintasi Tol Cipali pada Idul Adha 2020 ini meningkat dibanding tahun lalu. Peningkatan diperkirakan mencapai 40 persen.

Berita Terkait

Priska Madelyn Harapkan Pandemi Segera Berakhir! Ulang Tahun ke-17

Maya Rosfi'ah

Politisi PDIP Minta Biaya Perawatan Pasien Covid-19 Dievaluasi Menanggapi Erick Thohir

Maya Rosfi'ah

Rincian Lengkap 21 Butir Dalil Prabowo Sandi Yang Ditolak Hakim Konstitusi

Maya Rosfi'ah

PR Penting Di Awal Pemerintahan Jokowi Maruf Amin Menteri Diminta Tidak Saling Serang

Maya Rosfi'ah

Ini kisah Tenaga Medis Covid-19 yang Rindu Rayakan Lebaran dengan Keluarga 3 Bulan Tak Pulang

Maya Rosfi'ah

Indonesia Tegas Tolak Rencana Israel Aneksasi Tepi Barat Dukung Palestina

Maya Rosfi'ah

BPJS Kelas III akan Dibayari Mantan Jubir Prabowo-Sandi Gamal Albinsaid Nyalon Wali Kota Surabaya

Maya Rosfi'ah

Lucinta Luna Dapat Fasilitas Layak Mendekam di Sel

Maya Rosfi'ah

Kemenkeu Siap Bagi-bagi Pulsa buat PNS Sebesar Rp 200 Ribu Per Bulan Kabar Gembira Lagi buat PNS

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment