Image default
Nasional

Warga Diminta Atur Waktu Perjalanan Puncak Arus Balik Diprediksi 2 Agustus 2020

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Inspektur Jenderal Istiono, meminta para pemudik mengatur dan menyesuaikan waktu perjalanan Menurut dia, upaya itu dilakukan untuk menghindari kemacetan arus lalu lintas pada saat arus balik menuju ke DKI Jakarta, pada libur Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah yang diprediksi puncak kepadatan arus lalu lintas pada Minggu 2 Agustus 2020. "Kami khawatir kalau para pemudik tidak bisa menyesuaikan kondisi di lapangan, kemacetan tidak bisa dihindarkan. Untuk itu, pulang balik lebih awal akan lebih baik. Dan perjalanan akan lebih nyaman," ujarnya, Sabtu (1/8/2020).

Dia menjelaskan, arus mudik balik pada libur Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Sebab, pada saat ini masih dalam masa pandemi coronavirus disease 2019 (COVID 19), sehingga masyarakat wajib mematuhi protokol kesehatan dan memperhatikan imunitas tubuh. Dia mengimbau para pemudik apabila merasakan kelelahan dan kecapekan di jalan untuk segera istirahat di rest area. Rest area akan dimaksimalkan. Namun, jika rest area sudah dipenuhi pemudik, maka akan diberlakukan sistem buka tutup setiap 2 jam.

Selain itu, juga perlu dilakukan patroli secara terus menerus agar tidak ada kendaraan yang berhenti di bahu jalan tol. Untuk itu, diharapkan kesiapsiagaan penuh jajaran untuk antisipasi arus balik ini. "Jangan memaksakan diri untuk terus jalan. Keselamatan adalah hal yang utama," ujarnya. Untuk diketahui, jumlah kendaraan yang melintasi Tol Cipali pada Idul Adha 2020 ini meningkat dibanding tahun lalu. Peningkatan diperkirakan mencapai 40 persen.

Berita Terkait

Saya Pikir Kurang Ideal Zulkifli Zaini & Amien Sunaryadi Jadi Dirut & Komut PLN Kurtubi

Maya Rosfi'ah

Sudah Ada Api Sebelum Jatuh Kesaksian Warga yang Melihat Jatuhnya Pesawat TNI AU di Riau

Maya Rosfi'ah

Diundang Sidang MPR, Sandiaga Uno Masuk dari Pintu Belakang, Indiarto Priadi: Gebrak Meja Kalau Saya

Maya Rosfi'ah

Bukan Obat buat Covid-19 Mereknya Bio Nuswa BPOM Beri Penjelasan soal Klaim Hadi Pranoto

Maya Rosfi'ah

Pengacara Tidak Tahu Sakit yang Diderita Romahurmuziy

Maya Rosfi'ah

Lengkap dengan Video Ini Daftar Lagu-Lagu Indonesia Bertema Ayah Hari Ayah Nasional

Maya Rosfi'ah

Buka Kesempatan Orang Saling Kontak Transportasi Umum Beroperasi Ahli Epidemologi Sebut Berisiko

Maya Rosfi'ah

Sertifikasi Kompetensi Bisa Perbaiki Upah Kerja

Maya Rosfi'ah

Stafsus Yang Punya Konflik Kepentingan Bisa Mengikuti Jejak Belva Devara Bhima Yudhistira

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment