Image default
Bisnis

Waskita Karya Bakal Terbitkan Obligasi Tahun Ini

PT Waskita Karya (Pesero) Tbk (WSKT) memutuskan untuk menarik Peringkat atas Penawaran Umum Berkelanjutan IV (PUB IV) yang dilakukan oleh PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Hal ini disampaikan melalui Keterbukaan Informasi WSKT tanggal 4 Februari 2020 dan Siaran Pers Pefindo. Director of Finance Waskita Karya Haris Gunawan menjelaskan latar belakang penarikan peringkat atas PUB IV dilakukan karena WSKT tidak jadi melaksanakan penerbitan obligasi PUB IV tahun 2019.

Sebab, WSKT memperoleh kas masuk sebesar Rp 21,5 triliun pada akhir tahun lalu dan kondisi pasar yang kurang stabil. "Peringkat kami tarik karena PUB IV Waskita Karya belum dapat terlaksana tahun lalu karena kami mendapat arus kas masuk dari pembayaran proyek dan dana talangan. Saat ini kami masih menganalisa situasi market untuk penerbitan obligasi di tahun 2020 ini," ujar Haris dalam keterangannya, Minggu (9/2/2020). Adapun dengan adanya penerimaan kas sebesar Rp 44 triliun sepanjang tahun 2019 lalu, gearing ratio WSKT pada akhir desember 2019 dapat diturunkan menjadi 2,3 sampai 2,4 kali.

Haris menyebut, pada tahun 2020 WSKT masih akan menerima tambahan kas dari pembayaran beberapa turnkey sebesar dengan total sekitar Rp 10 triliun dan pengembalian dana talangan tanah dari Lembaga Manajemen Aset Negara sekitar Rp 4,5 triliun. "Manajemen WSKT akan selalu menjaga rasio keuangan di tahun 2020 melalui strategi divestasi beberapa ruas jalan tol, dan percepatan pencairan piutang dari proyek yang dikerjakan dengan skema turnkey maupun konvensional," ungkap Haris.

Berita Terkait

Asalkan. . . Indonesia Berpeluang Besar Jadi Tujuan Relokasi Investasi dari China

Maya Rosfi'ah

Astra International Akan Kembangkan 750 Desa Sejahtera di Seluruh Indonesia

Maya Rosfi'ah

PLN Minta Pembebasan Lahan Transmisi Jawa Bagian Barat Rampung Demi Listrik di DKI Aman

Maya Rosfi'ah

Ekonom Bilang Tak Perlu Kaget Ekonomi Indonesia Kuartal II Minus 4 Persen

Maya Rosfi'ah

Berawal dari Instagram Kini Jadi Jutawan Berkati 3 Platform Edtech Kisah berhasil Hendro Mardika

Maya Rosfi'ah

Sinergi & Kolaborasi buat Indusrtri BPR-BPRS Hebat

Maya Rosfi'ah

Laba Emiten Properti PT Urban Jakarta Propertindo Tbk Melesat 466 Persen Kinerja Kinclong

Maya Rosfi'ah

BPJS Ungkap Ada 12 Kasus Fraud Selamatkan Kebocoran Rp1 Triliun

Maya Rosfi'ah

Pengembangan Wisata Pulau Rinca Taman Nasional Komodo Akan Gandeng KLHK

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment