Image default
Bisnis

Waskita Karya Bakal Terbitkan Obligasi Tahun Ini

PT Waskita Karya (Pesero) Tbk (WSKT) memutuskan untuk menarik Peringkat atas Penawaran Umum Berkelanjutan IV (PUB IV) yang dilakukan oleh PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Hal ini disampaikan melalui Keterbukaan Informasi WSKT tanggal 4 Februari 2020 dan Siaran Pers Pefindo. Director of Finance Waskita Karya Haris Gunawan menjelaskan latar belakang penarikan peringkat atas PUB IV dilakukan karena WSKT tidak jadi melaksanakan penerbitan obligasi PUB IV tahun 2019.

Sebab, WSKT memperoleh kas masuk sebesar Rp 21,5 triliun pada akhir tahun lalu dan kondisi pasar yang kurang stabil. "Peringkat kami tarik karena PUB IV Waskita Karya belum dapat terlaksana tahun lalu karena kami mendapat arus kas masuk dari pembayaran proyek dan dana talangan. Saat ini kami masih menganalisa situasi market untuk penerbitan obligasi di tahun 2020 ini," ujar Haris dalam keterangannya, Minggu (9/2/2020). Adapun dengan adanya penerimaan kas sebesar Rp 44 triliun sepanjang tahun 2019 lalu, gearing ratio WSKT pada akhir desember 2019 dapat diturunkan menjadi 2,3 sampai 2,4 kali.

Haris menyebut, pada tahun 2020 WSKT masih akan menerima tambahan kas dari pembayaran beberapa turnkey sebesar dengan total sekitar Rp 10 triliun dan pengembalian dana talangan tanah dari Lembaga Manajemen Aset Negara sekitar Rp 4,5 triliun. "Manajemen WSKT akan selalu menjaga rasio keuangan di tahun 2020 melalui strategi divestasi beberapa ruas jalan tol, dan percepatan pencairan piutang dari proyek yang dikerjakan dengan skema turnkey maupun konvensional," ungkap Haris.

Berita Terkait

Grab Hadirkan Program #TerusUsah bagi Ekonomi Palembang Setelah berhasil Kontribusi 643 Miliar

Maya Rosfi'ah

Menko Luhut Tegaskan Belum Ada Kerja Sama Antara Ping An Insurance dengan BPJS Kesehatan

Maya Rosfi'ah

Menhub dan Menko Luhut Tinjau Stasiun KA Pelabuhan Kuala Tanjung

Maya Rosfi'ah

Ini Kata YLKI Driver Ojol Tak Boleh Angkut Penumpang selama PSBB

Maya Rosfi'ah

Cara Cek Kompensasi Mati Listik Dari PLN Di Www.pln.co.id, Ini Langkah Langkahnya

Maya Rosfi'ah

Tantangan Startup ‘Gurem’ Lebih Besar Ketimbang Unicorn Soal IPO

Maya Rosfi'ah

Bos BCA Khawatir Terjadi ‘Shortage’ Imbas Virus Corona

Maya Rosfi'ah

25 Triliun di BEI Angkasa Pura II Catatkan Obligasi Rp 2

Maya Rosfi'ah

Sore Ini Rupiah Tembus Rp 14.932 Per Dollar AS Ditutup Melemah Terhadap Dollar AS

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment