Image default
Techno

WHATSAPP Tak Bisa Dipakai di Daftar Handphone Berikut dari Hari Ini Cek Apakah Termasuk Ponselmu

Mulai hari ini, Sabtu 1 Februari 2020, WhatsApp tak bisa lagi dipakai di deretan handphone berikut ini, cek apakah termasuk ponselmu? WhatsApp akan menghentikan layanannya di beberapa sistem operasi jenis smartphone, tepat mulai 1 Februari 2020. Masyarakat yang menggunakan jenishandphone, smartphone, dan ponsel tertentu tidak akan bisa menggunakan layananWhatsApp.

Pemberitahuan tersebut terungkap dari halaman Frequently Asked Questions (FAQ) tentang sistem operasi diWhatsApp. FAQ tersebut memuat smartphone, ponsel, danhandphoneyang akan dihentikan dukungannya atau tidak bisa lagi menjalankan fungsi aplikasiWhatsAppmulai 1 Februari 2020 atau kurang seminggu lagi. Versi tertentu dari sistem operasiAndroiddan iOS juga termasuk menjadi sasaran dihentikannya dukunganWhatsApp.

Selain iOS danAndroid, juga akan ada sistem operasi BlackBerry dan Windows Phone. Berikut daftar sistem operasi yang mulai 1 Februari 2020 tidak bisa lagi menggunakanWhatsApp: WhatsApp bakal menyetop dukungannya untuk semua ponsel berbasis WIndows Phone.

Penghentian layananWhatsAppuntuk Windows Phone semua versi termasuk Windows 10 Mobile bakal berlaku mulai 31 Desember 2019, atau akhir tahun ini. Sistem operasi Windows Phone sendiri sebenarnya sudah ditinggalkan oleh Microsoft selaku sang empunya sejak akhir 2017. Microsoft pun telah meminta basis pengguna Windows Phone yang masih loyal agar beralih ke iOS atauAndroid.

Walau smartphoneAndroidmenjadi basis penggunaWhatsAppyang besar, namun sejumlah sistem operasiAndroidlawas bakal dihentikan layanannya, termasukAndroidversi 2.3.7 keluaran 2010. Penghentian dukungan ini akan diberlakukan setelah 1 Februari 2020. Jumlah perangkat yang masih menjalankanAndroidversi 2.3.7 "Gingerbread" sendiri sebenarnya sudah sangat kecil.

Data terbaru dari Google menunjukkan bahwa, dari keseluruhan populasi Android, hanya 0,3 persennya merupakan Android 2.3.7. Selain ponselAndroid,WhatsAppjuga populer di ponsel iPhone yang menjalankan iOS. Namun versi iOS 7 bakal disetop dukungannya olehWhatsAppsetelah 1 Februari 2020, berbarengan denganAndroid2.3.7.

Sama pula denganAndroid2.3.7, di ekosistem Apple, populasi perangkat yang masih menjalankan iOS 7 keluaran 2013 tersebut hanya sedikit. Persentase perangkat dengan iOS 10 atau yang lebih lawas kurang dari 5 persen dari keseluruhan. Untuk iPhone, model terakhir yang mentok di iOS 7 alias tidak bisa diperbarui ke iOS versi berikutnya adalah iPhone 4 yang rilis pada 2010.

Para pengguna ponsel tua ini pun tak akan bisa lagi menggunakanWhatsAppmulai 1 Februari tahun depan. Selain daftar di atas,WhatsAppsudah menghentikan dukungan aplikasinya untuk sejumlah sistem operasi, yakniAndroid2.3.3, iOS 6, dan BlackBerry OS. Perusahaan penyedia layanan chatting milik Facebook itu juga menambah OS baru ke dalam daftar OS yang didukungnya, yakni KaiOS 2.5.1+.

KaiOS adalah sistem operasi berbasis arsitektur ARM, dan menjadi penerus Firefox OS yang telah disetop oleh Mozilla, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gadgets Now, Senin (13/5/2019). Apabila dukunganWhatsAppterhadap sebuah sistem operasi telah dihentikan, mungkin aplikasiWhatsApptak akan mogok begitu saja. Namun, pihakWhatsAppmengingatkan bahwa fungsi dan fitur fiturnya bisa berhenti bekerja sewaktu waktu.

Sebaiknya cek smartphone Anda apakah sistem operasinya sudah di atas versi itu atau belum. Masuk ke menu settings atau pengaturan. Setelah itu, pilih about phone/about device atau tentang ponsel.

Kemudian, pilih Android version atau versi Android. Sama seperti perangkatAndroid, di smartphone dengan sistem operasi iOS (iPhone) Anda bisa masuk ke menu settings atau pengaturan. Setelah itu pilih Apple ID.

Kemudian, pilih opsi your iPhone. Versi iOS bisa dilihat di menu device info atau info perangkat. Perlu dicatat, masing masing cara tersebut mungkin bakal berbeda di beberapa smartphone.

Berita Terkait

Tanpa wajib Download Aplikasi Lagi Begini Cara Mudah Download Video dari Facebook

Maya Rosfi'ah

Janganlah Kau Sesali Janganlah Kau Tangisi Chord Di Batas Kota Ini – Tommy J Pisa

Maya Rosfi'ah

Berinvestasi Melalui Aplikasi Mobile InvestASIK

Maya Rosfi'ah

Dua Pertiga Operator Berharap 5G Ciptakan Aliran Pendapatan Baru

Maya Rosfi'ah

Sharp Ancang-ancang Luncurkan Produk Serupa Aquos Sound Partner Laris

Maya Rosfi'ah

Infinix S5 Resmi Meluncur dengan Harga Rp 2 Jutaan Punya ”Layar Berlubang”

Maya Rosfi'ah

Fitur Low Light di Huawei P30 Series, Foto Sensitivitasnya Melampaui Mata Manusia

Maya Rosfi'ah

Diklaim Mampu Cegah Penyebaran Virus Samsung Bikin Casing Smartphone Antimikroba

Maya Rosfi'ah

5 Perbandingan HP OPPO F11 Pro dan OPPO F11, Beda Harga Rp 1 Juta ini Keunggulan yang Kamu Dapat

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment